Beranda | Artikel
Biografi Ibnu Syahin
Jumat, 22 Januari 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Ibnu Syahin merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 9 Jumadal Akhirah 1442 H / 22 Januari 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Pemerintahan Al-Qadir Billah

Kajian Tentang Biografi Ibnu Syahin

Dimasa kekuasaan Al-Qadir Billah, wafat ulama-ulama Ahlus Sunnah yang memiliki karya-karya fenomenal di dalam aqidah. Ada sebagian dari kelompok-kelompok ahlul kalam yang mengklaim bahwa mayoritas ulama umat ini adalah berakidah ahlul kalam atau yang mereka sebut dengan Asyairah. Maka kita tunjukan kepada umat bahwa itu adalah klaim yang tidak sesuai dengan fakta.

Contohnya seperti Imam Daruquthni yang merupakan seorang muhaddits dan juga beraqidah salaf dan beliau menulis buku-buku yang berkenaan dengan aqidah salaf sebagaimana yang telah kita jelaskan pada pertemuan yang lalu.

Di antaranya juga Imam Ibnu Syahin yang akan kita bahas pada perjumpaan kita kali ini, kemudian juga ada Ibnu Abi Zaid Al-Qairawani, Ibnu Battah Al-Hanbali, Al-Khattabi, Ibnu Mandah, Ibnu Abi Zamanin.

Kita lihat bagaimana kepedulian para ulama dalam meluruskan penyimpangan-penyimpangan agama dan secara khusus adalah persoalan-persoalan yang berkenaan dengan aqidah.

Imam Ibnu Syahin memiliki kitab شرح مذاهب أهل السنة ومعرفة شرائع الدين والتمسك بالسنن. Kitab ini sebetulnya sangat luas, sehingga yang ditemukan hanyalah beberapa bab saja yang sudah diteliti manuskripnya dan dicetak. Kitab ini menjelaskan tentang aqidah Ahlus Sunnah.

Siapa Ibnu Syahin ini? Bagaimana kedudukan dan pandangan para ulama kepada beliau? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49755-biografi-ibnu-syahin/